Selasa, 14 Februari 2012

SOSIALISASI PERATURAN NIKAH BAGI WNI

Oleh : Drs. H. Imam Gozali Djamal, MpdI

Perlu di ketahui bahwa bagi Duda Cerai Talak Roja’i yang ingin kawin lagi dengan wanita lain perlu mempedomani Edaran dibawah ini…meskipun edaran ini memang udah cukup tua usianya tetapi sekarang lagi ramai trend duda talak roja'i yang segera kawin lagi dengan wanita lain....!

EDARAN DIRJEN BINBAGAIS TENTANG TALAK ROJA'I

Jakarta, 10 Februari 1979

Kepada Yth.

1. Sdr. Ketua Pengadilan Agama Tingkat Pertama

2. Sdr. Ketua Pengadilan Agama Tingkat Banding

di Seluruh Indonesia.

S U R A T E D A R A N

No. DIV/Ed/17/1979

Tentang Masalah Poligami Dalam Iddah

Assalamualaikum.w.w.

Menunjuk Keputusan Rapat Dinas Direktorat Pembinaan Badan Peradilan AGama tanggal 24 sd 28 Mei 1976 di Tugu Bogor lampiran IV point C3 perihal seperti tersebut pada pokok surat, maka dengan ini kami berikan penjelasan sebagai berikut :

1. Bagi seorang suami yang telah menceraikan isterinya dengan talak raj’i dan mau menikah lagi dengan wanita lain sebelum habis masa iddah bekas isterinya, maka dia harus mengajukan izin poligami ke Pengadilan Agama.

2. Sebagai pertimbangan hukumnya adalah penafsiran bahwa pada hakekatnya suami iseteri yang bercerai dengan talak raj’i adalah masih dalam ikatan perkawinan selama belum habis masa iddahnya. Karenanya bila suami tersebut akan nikah lagi dengan wanita lain pada hakekatnya dan segi kewajiban hukum dan inti hukum adalah beristeri lebih dan seorang (poligami). Oleh karena itu terhadapa kasus tersebut dapat diterapkan pasal 4 dan 5 Undang-Undang No. 1 Tahun 1974.

3. Sebagai modul pengaduan penolakan atau izin permohonan tersebut harus dituangkan dalam bentukpenetapan pengadilan agama.

Demikianlah edaran ini hendaknya diperhatikan dan maklum adanya

an. DIREKTUR JENDRAL PEMBINAAN KELEMBAGAAN AGAMA ISLAM

DIREKTUR PEMBINAAN BADAN PERADILAN AGAMA ISLAM

HM. IFHANTO SA. SH

NIP 150021983

TEMBUSAN

1. Yth. Bapak Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam (sebagai laporan)

2. Arsip

Sumber : http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150296994952125

Tidak ada komentar:

Posting Komentar